8/07/2015

Jalan Jalan Yok ke Danau Sebedang

Oke, di postingan kali ini, saye akan membahas tentang perjalanan kamek ke Danau Sebedang, sebuah danau yang terletak di Kabupaten Sambas, tepatnye di Kecamatan Tebas (kalau saye tadak salah). Dari Pontianak ke Danau Sebedang kire-kire 6 jam lah, kalau dari Sambas nak ke Danau Sebedang harus pergi ke arah Pontianak, dan kire2 kurang lebih 20 menit untuk sampai ke Danau Sebedang, tergantung kitak bawa motor macam mane lah, maok kayak rossi atau marquez same tak iye.

Oke, itu informasi singkat tentang Danau Sebedang, sekarang saye akan menceritakan pengalaman kamek ke Danau Sebedang.

Akhir bulan Mei 2014, Saye kali ini memulai petualangan same Randi menuju Selakau dulu dimane tempat kakak saye tinggal sekitar pukul 04.30 suboh butak pakai motor astrea grand. Nah, kamek pergi ke tempat kakak saye dulu sebelom akhirnye kamek berangkat ke danau sebedang. Sekitar pukul 06.15, kamek bedua singgah lok di salah satu warkop di Sungai Pinyuh untuk sekedar ngopi ( kate orang tuh angatkan badan lok ), setengah jam kemudian, kamek melanjutkan perjalanan menuju Selakau.

Jam 09.35 kamek berhenti lok di tepi jalan dekat dermaga Teluk Suak ( yang nak ke pulau lemukutan ) untuk ganti pembalap ( Yaa Rabbanaaa.... ). 

Jam 10.20, akhirnye kamek sampai di Selakau, tepatnya di desa Twi Mentibar. Jalan yang masih rosak waktu itu membuat kamek harus extra waspada. Tapi, Suasana desa yang tenang, pemandangan yang indah dan sangat jauh dari suasana ribot tak menentu Kote yang padat membuat kamek tak peduli akan jalan rusak (sok-sok an, padahal realitanye.... cukop tau jak lah). Kami memutuskan untuk menginap selama 2 malam di tempat kakak saye ( itung2 makan + penginapan + mandi gratis laa :v ).

Keesokan harinya, setelah mandi, sarapan, cuci baju dan ngurus keponakan ( nasib jones, akhirnya jadi baby sitter mendadak ), kamek pergi ke danau sebedang sekitar pukul 13.00 ( setelah keponakan saye tidok pastinyee, kalau tadak, menanges 1 hari 1 malam tengok pamannye pergi ndk ngajak2 :v ). Kebetulan juga hari itu hari Jum'at, maka kamek ke Danau Sebedang setelah Shalat Jum'at.

Habes Shalat Jum'at, kamek pun pergi menuju Danau Sebedang. Sekitar 1,5 jam akhirnye kamek sampai di pintu gerbang menuju danau sebedang tepat di sebelah kanan jalan kalau dari arah Pemangkat.

Kamek berdua lalu masok ke dalam, sekitar 5 menit pakai motor kami pun akhirnya sampai di loket masok ke danau sebedang. Waktu itu, Kite harus bayar 5rb per orang. Dan, begitu kamek masuk, kamek sekejap dibuatkan pecel lele, eh, kagum liat pemandangan danau dan sekeliling danau yang cantek. Fantasis, Bombastis, Subhanallah, Allahu Akbar. Cuman itu yang bisa kamek bilang begitu kamek sampai di danau. Konon, disinilah tempat di kuburkannya Bujang Nadi dan Dare Nandung ( kalau tak salah ) di tengah danau.

Kayaknye cuman itu jak lah yang bise saye ceritekan. Sebelum itu saye kasi penilaian tentang objek wisata yang satu ini
1. Akses lumayan strategis karna berada di kawasan jalur pantura provinsi kalbar.
2. Biaya masuk cukup murah dan ditunjang dengan fasilitas macam warung dan toilet
3. Jalan di kawasan Danau ade yg rusak jadi hati-hati

Itu penilaian kite tentang objek wisata danau sebedang. Kalau ade penilaian lain silekan. Tapi ingat, berpikir dulu sebelum berkomentar yee...

Lestarikan alam kalimantan barat dan jangan lupa ikuti terus petualangan kamek di Jalan2 Yok...Yoklaaaa....


Jalan Menuju Danau Sebedang

                            





0 komentar:

Posting Komentar