8/07/2015

Jalan Jalan Yok ke Riam Merasap

Ooo Budak2, Bapak2, Ibu2, Adek2, Dato, Nenek dan semue umat manusie maupun makhluk gaib yang idop di dunie nih. Ape gak kabarnye nih. Semoge baek2 jak yee. Nah,pade postingan kali ini, kite bakal cerite tentang perjalanan kamek ke Riam Merasap, Kec. Tujuh Belas, Kab. Bengkayang.

Tak usah nunggu lama2 lagi, saye langsung ceritekan intinye, wkwkwk.

Jam 03.00, Saye dan Randi turon dari rumah Zulham menuju Riam Merasap. Sayangnye Zulham tak bise ikot soalnye ade latihan bulutangkis buat persiapan lomba. Jadi kamek be2 lah yang pegi. Jujur, kamek bedua nih cuman modal nekat jag pegi kesana karena ndak tau dimane letak pastinye, yang kamek tau Riam Merasap tuh dekat Sanggau Ledo habis itu selesai, hahahaha. Suboh2 buta berangkat dah pasti sejuk bukan name, macam di kutub selatan pula rasenye (lebay).

Karena kamek pegi suboh2 buta, kamek cuman bise bawa motor 60km/jam. Saye tak bise ngebut kayak marquez karena, kamek bedua nih rabon, ditambah jalan gelap, ditambah jalan sempit, lengkap sudah. Dan, karena kamek pegi suboh2 butak jadi kamek bise merasekan kabut di pagi hari di daerah perbukitan yang tenang.

Balik ke perjalanan. Kamek bedua mutoskan singgah di Bengkayang pas jam 7 pagi buat ngopi sekalian isi bensin. Naasnye, hari minggu SPBU di sana rate2 buka jam 12 siang. Untung kamek bawa jerigen yg isinye bensin jadi ndak perlu pusing2 laaah. Ke masalah ngopi, Si Randi pesan Kopi Hitam, Saye pesan Kopi Susu, dan yang pasti, HANGAT.

Jam 07.45., Kamek lanjutkan perjalanan menuju Sanggau Ledo. Kate org2 di Bengkayang tempat kamek numpang ngopi tadi, butuh waktu sekitar 1,5 jam lah untuk sampai ke Sanggau Ledo. Tapi untuk ke riam merasapnye ndak tau lagi lah nambah berape menit.

jam 09.00, Kamek sampai di pasar Sanggau Ledo. Sampai disana, Kamek bedua liat plang yang tertulis, Air Terjun Riam Merasap. Tanpa pandang kuku, kamek langsung melakukan, eh kamek langsung menuju ke arah yang tertulis di plang. Dari pasar sanggau ledo nak ke merasap, jalannye rusak dan berbatu. Berhubung kamek pegi pas musim ujan, jadi jalannye nambah ekstrim sikit. Sekitar 30-40 menit lah kire2 kamek bejalan sampailah kamek di lokasi yang kemungkinan itulah riam merasap. Sampai disana kamek bedua cuman bise bilang, "SEPINYEEE". Mengape ? karena tak ade satu manusiepun di area menuju riam. Dekat situ ade rumah dan kebetulan ade pemiliknye. Kamek titip motor lah disitu dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Kamek ikutin arah sesuai dengan plang tanda perhentian untuk orang kalau melakukan acara pas bulan maria. Kamek terus ikutin alur jalan dan ketemu rumah kosong yang kamek pingin istirahat lalu nengok sungai. Tanpa pandang kuku, kamek ikutin alur sungai dan tak perlu lama2, kamek sampai di riam merasap yang aeknye deras dan wuuu...sensasinye greget. Kame foto2 lok disitu dan kamet mutuskan turun ke bawah. Kamek harus hati2 karena turun kebawah cukup curam. Tak lama kame sampai di bawah dan tanpa lama2 langsung berenang dan yihaaa, finally, kamek sampai di Riam Merasap setelah melakukan perjalanan selama 7 Jam. Wew

Saye langsung akhiri cerite di atas dan saye akan kasi penilaian tentang objek wisata ini
1. Akses jalan dari pasar sanggau ledo menuju riam merasap rusak
2. Toilet cukup jauh dari Riam
3. Banyak sampah botol minuman di area sekitar riam
4. Panorama sangat bagus dan amazing.

Itu penilaian dari saye tentang Air Terjun Riam Merasap. Kalau ade yang mau nambahkan penilaian tentang Air Terjun ini atau yang ndak suke dengan penilaian saye silekan. Tapi ingat, ini juga untuk memperbaiki wisata alam kalimantan barat agar tidak tercemar dan memberikan kesan positif buat masyarakat kalbar, luar kalbar bahkan mancanegara yang nak berkunjung ke sini

Jangan lupa liat videonye di sini dan foto-fotonye di sini 

Lestarikan alam Kalimantan Barat dan ikuti terus petualangan kamek di Jalan-jalan Yok....Yoklaaaa

0 komentar:

Posting Komentar