8/07/2015

Jalan Jalan Yok ke Tayan

Haihaihai, budak2, dimane saje, kapan saje, dari dunie nyate maupun dunie gaib, kali ini kite kembali menceritakan perjalanan kite ke suatu kota kecil tapi kite berani prediksikan akan maju dengan pesat, yaitu Tayan.

Saye sekedar kasi info sedikit mengenai tayan dulu yee. Tayan atau Kecamatan Tayan Hilir merupakan salah satu kecamatan yang ade di Kabupaten Sanggau dan berade pade bagian Barat dari wilayah Kabupaten Sanggau. Apabila diliat dari letak geografisnye, Kecamatan Tayan Hilir terletak di antara 109,9º BT - 110,1º LB dan 0,1º LU – 0,1º LS. (Sumber Wikipedia).

Nah lanjut ke petualangan. Perjalanan kali ini kamek agak nekat soalnye kamek ke Tayan pas bulan puase (itong2 ngabuburit laaa). Kamek melakukan perjalanan dari Pontianak jam 12.30. Seperti biase, saye tak sendiri, kali ini Zulham yang kawankan saye pergi, bilang halo lok same Zulham tuh, hahaha. Kamek pergi ke Tayan pakaiai motor, kali ini motor Honda Karisma X 125 yang kite bawa. Selame kurang lebeh 45 menit boleh dibilang perjalanannya agak santai dan jalannya tidak terlalu ekstrim apalagi rusak, aspal mulus. Tapi setelah itu kami tekejot tingkat dewe karena jalannya mulai naik turun bukit disertai tikungan2 yang boleh dibilang blind spot. Dari situlah kite mulai berkonsentrasi penuh, lengah sikit nyawe taruhannye. Di dalam hati saye, saye bergumam (pantas laa banyak kejadian tabrakan atau laka lantas di jalur Ptk-Tayan, Jalannya ekstrim boo, tapi mugkin ditambah kurangnya konsentrasi pengendara). Tapi saye tak bise fotokan soalnye saye tak dapat spot nak berhenti dimane. Dan sisi positifnye, jalannye mulus total, rambu lalu lintas sampai name jembatan lengkap semue. Payah nak ketemu lobang di jalan tuh, kenape ? sebab itu adalah Jalan Negara, plus haweny sejuk sekaleee, ditambah puase menggode pula rasenye nak tidok ditengah jalan, hahahaha

Nah kurang lebih sekitar 1 jam 45 menit, kite bakal liat simpang 3 atau Tugu Pangsuma. Di sebelah kiri menuju Sosok dan di sebelah kanan menuju Tayan, nah tentulah jalan ke arah Tayan, sekitar kurang lebih 10-15 menit kitak akan melihat pasar Tayan dan sampailah kamek di Tayan. Tapi, ini belum berakhir, Mengape ? karena kamek akan menuju Pulau Tayan tepat di depan mate saye dan Zulham Zamrun. Dan nyebranglah kamek ke Pulau Tayan dengan naek speed boat kh atau ape namenye biarlah dengan ongkos rp.3000/orang (sebelum Blackahan Berryakar Messengerinyak naek). Dan bekelilinglah kamek ke Pulau Tayan.

Udah puas bekeliling kamek balek lg ke tempat semule (nyebrang lagi). Dan spot berikutnye kamek ke Keraton Tayan. Sayang, sampai disana kamek tak ketemu orang2 disana untuk betanya tentang Keraton Tayan, tapi tak ape lah, dan dari keraton kamek bise liat Pantai Pulau Tayan dan belatar belakang Gunung ape tak taulah, tapi canteknye hmmm Subhanallah.

Jam 3.30, saye dan Zulham memutuskan balek ke Ptk karena mau ngejar adzan magrib untuk buka puase. Kamek pun bawa motor dah macam Valentino Rossi dah (jangan ditiru di rumah). Bonus pointnye sampai dirumah pas adzan magrib tengah bekumandang, nyaman laaaaa :D

Itulah cerite singkat kamek ke kote Tayan. Seperti biase, kamek kasi review penilaian tentang Kote Tayan

1. Akses ke Tayan sangat baik. baik dalam artian Jalannya mulus dan sulit ketemu yang namenye lobang, rambu peringatan lengkap dan pemandangan sepanjang jalan kenangan ajiib dah.
2. Harus berhati-hati karena jalan lumayan ekstrim karena naik turun bukit
3. Kote yang tenang dan digadang-gadang akan jadi kote transit karena letaknya di Jalan Trans Kalimantan
4. Telah dibangun Jembatan terpanjang di Kalimantan (Jembatan Tayan) yang juga mempermudah akses Trans Kalimantan


Itu penilaian kite tentang objek wisata danau sebedang. Kalau ade penilaian lain silekan. Tapi ingat, berpikir dulu sebelum berkomentar yee...


Lestarikan alam kalimantan barat dan jangan lupa ikuti terus petualangan kamek di Jalan2 Yok...Yoklaaaa....
Pantai Pulau Tayan dilihat dari Keraton Tayan

Keraton Tayan

Menuju Pulau Tayan

Menuju Pulau Tayan

Suasana di Pulau Tayan

0 komentar:

Posting Komentar